Press "Enter" to skip to content

Kapolres Dharmasraya Pimpin Apel Serpas Personil Polri untuk Pengamanan Pemilu 2024

Kapolres Dharmasraya Pimpin Apel Serpas Personil Polri untuk Pengamanan Pemilu 2024

Dharmasraya -Kapolres Dharmasraya, AKBP BAGUS IKHWAN S.I.K., M.H., memimpin Apel Serpas personil Polres Dharmasraya untuk memastikan keamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Apel berlangsung di halaman Kantor Bupati Dharmasraya pada Senin (12/2/2024).

Apel Serpas ini bertindak selaku perwira Upacara Kasat Narkoba, Akp Rusmardi, S.H., dan Komandan Upacara KBO Reskrim Iptu, Welly Wahyudi, SH, M.H., dan turut diikuti oleh personil dari TNI Polri, Brimob Batalyon C, Personil Pengaman TPS, Pol PP, Dishub, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya. Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, Ketua DPRD Pariyanto, SH, Kajari Dodi Hermawan, SH., MH, Sekda Adlisman, S.SoS, serta pejabat utama Polres Dharmasraya juga ikut hadir.

Dalam apel serpas ini, Kapolres Dharmasraya secara simbolis memasangkan Ban Lengan kepada perwakilan personil Pam TPS. Setelah itu, bersama Bupati, Ketua DPRD, Kajari, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu, Kapolres melakukan pemeriksaan pasukan untuk memastikan kesiapan pengamanan TPS.

Pada sambutannya, Kapolres Akbp Bagus Ikhwan membacakan amanat Kapolda yang menekankan puncak pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024. Tahapan pencoblosan melibatkan pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Pengamanan TPS di Sumatera Barat melibatkan 4.573 personil untuk 17.569 TPS dengan klasifikasi kurang rawan, rawan, dan khusus.

Kapolres menyebut beberapa tantangan, termasuk lokasi terpencil, transportasi sulit, serta masalah infrastruktur seperti listrik dan internet. Persoalan teknis, seperti lokasi TPS tanpa listrik dan blank spot, harus diatasi. Polri mengambil pengalaman dari pemilu sebelumnya, terutama insiden kebakaran gudang logistik pemilu.

Kapolres mengajak seluruh personil Polri tetap siaga, waspada, dan bekerja sama dengan TNI dan instansi terkait. Menjaga netralitas, meningkatkan pengetahuan hukum, memahami lingkungan TPS, serta menjalin kerjasama untuk kelancaran tugas. Amanat diakhiri dengan harapan atas bimbingan, petunjuk, dan perlindungan dari Allah dalam pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Dengan adanya apel ini, diharapkan pengamanan Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Dharmasraya dapat berjalan dengan lancar dan aman.(Humas Polres Dharmasraya)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.