Press "Enter" to skip to content

Menjaga Kamtibmas dan Persiapan Pemilu 2024, Kapolres dan Ketua Bhayangkari Cabang Polres Dharmasraya lakukan kunjungan siraturahmi ke Polsek Koto dan Sungai Rumbai

Menjaga Kamtibmas dan Persiapan Pemilu 2024, Kapolres dan Ketua Bhayangkari Cabang Polres Dharmasraya lakukan kunjungan siraturahmi ke Polsek Koto dan Sungai Rumbai

Dharmasraya- Kapolres Dharmasraya, Akbp Bagus Ikhwan.Sik, MH, didampingi Waka Polres Kompol Andri Nugroho Saputro, S.E, S.I.K, M.H bersama Ketua Bhayangkari Cabang Dharmasraya dan rombongan melaksanakan kunjungan Suraturahmi ke Polsek Koto Baru dan Sungai Rumbai dalam upaya menjaga Kamtibmas dan memantau keadaan di wilayah hukum Polres Dharmasraya Polda Sumbar. Senin, (29/01/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja yang mencakup kegiatan silaturahmi dengan personil, tokoh masyarakat, dan aparatur kecamatan, Anggota TNI ( Koramil Koto Baru) termasuk camat dan wali nagari di Koto Baru dan Sungai Rumbai.

Tujuan utama kunjungan adalah untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang keadaan dan situasi di wilayah hukum Polsek masing-masing. Masing-masing Kapolsek membuka acara dengan laporan situasi dan kondisi wilayah Polsek yang dilanjutkan dengan sambutan dari Kapolres sendiri.

Ketua Bhayangkari Cabang Dharmasraya, Ibu Bagus Ikhwan, langsung berinteraksi dengan anggota Bhayangkari Polsek, melakukan peninjauan langsung terhadap kondisi kantor Bhayangkari di kedua Polsek, serta melakukan pemeriksaan administrasi guna memastikan keteraturan kegiatan.

Dalam sambutannya, Kapolres Dharmasraya, memperkenal diri kepada para undangan hadir selanjut, menekankan peran penting masyarakat Setiap masyarakat sejatinya harus bisa menjadi polisi bagi diri sendiri dan lingkungannya guna melindungi diri dari setiap kejahatan demi terciptanya kamtibmas.

Keamanan berasal dari diri sendiri setelah itu keluarga dan selanjutnya tetangga. Itulah prinsipnya agar lingkungan senantiasa kondusif, yang artinya setiap permasalahan melaporkan kejadian sesuai aturan kepada pihak berwenang. Ia juga menyoroti pentingnya dukungan dari para aparatur daerah, termasuk camat, wali nagari, danramil, serta jajarannya. Meskipun masyarakat telah berperan sebagai polisi diri, Kapolres menegaskan bahwa kerjasama dengan instansi terkait tetap diperlukan, terutama dalam mengawal tahapan Pemilu 2024.

Menghadapi Pemilu 2024, Kapolres Dharmasraya memohon kerjasama untuk memulai pengamanan dan pengawalan distribusi surat suara. Ia menyoroti pola pengamanan kotak suara dari PPS ke PPK yang diterapkan, sambil meminta bantuan dari berbagai pihak, khususnya di daerah-daerah rawan.

Kapolres juga mengingatkan camat dan wali nagari sebagai aparatur daerah yang memiliki hak memilih untuk tetap netral dalam Pemilu 2024. Personil polres dan jajarannya diingatkan akan tiga tanggung jawab utama: keluarga, pekerjaan, dan institusi. Pengelolaan inventaris barang juga menjadi sorotan, dengan harapan agar tidak ada yang terlupakan atau hilang.

Kapolres Dharmasraya menekankan solidaritas sebagai satu keluarga besar Polres dan Polsek. Ia mengapresiasi kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh anggota jajaran Polsek, menyoroti pentingnya administrasi yang baik, dan menegaskan bahwa pemantauan terus dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Terkait Pemilu, Kapolres menegaskan netralitas dan menjelaskan bahwa seleksi ketat dilakukan terhadap undangan yang berpotensi politis. Netralitas di media sosial juga ditekankan, dengan larangan ikut serta dalam berita atau komentar yang bersifat politis.

Kedepannya, pihak Polres Dharmasraya dan jajarannya berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memilihara Kamtibmas, agar situasi tetap aman dan damai.

Dalam kegiatan siraturahmi, perwakilan walinagari dan tokoh masyarakat menyampaikan rasa terima kasih kepada Kapolres dan rombongan atas undangan. Mereka berkomitmen mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan berjanji bekerjasama dengan kepolisian (Bhabinkamtimas) dan TNI (Bhabinsa) untuk menjaga keamanan masyarakat. Menyadari potensi konflik dan ancaman narkoba, mohon dukungan pihak polres dan Polsek untuk tindakan preventif. Kecamatan pun berusaha mencegah gangguan keamanan serta tindak pidana kriminal dan narkotika dengan sinergi bersama instansi terkait.( Humas Polres Dharmasraya)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.