Press "Enter" to skip to content

Waka Polres Dharmasraya Wakili Kapolres hadiri pembukaan Launching peletarian Adat dan Pemajuan Kebudayaan

Dharmasraya- Waka Polres Dharmasraya Kompol Alwi Haskar, S.H. mewakili Kapolres AKBP NURHADIANSYAH,S.I.K, hadiri Launching Pelestarian Adat dan Pemajuan Kebudayaan Nagari Siguntur dihalaman rumah Gadang Siguntur Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, Selasa, 27/12/2022.

kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, Direktur Jendral Kebudayaan Kemdikbudristek yang diwakili oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III Sumbar Bapak Undri, SS, MSi, Ketua DPRD Kab. Dharmasraya Pariyanto, SH, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat, Forkopimda Kab. Dharmasraya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dan rombongan, Rektor ISI Padang Panjang, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Kepala Perangkat Daerah dan Kabag Lingkup Sekretariat Daerah, Ketua LKAAM dan Ketua MUI Kab. Dharmasraya, Ketua Bundo Kanduang Kab. Dharmasraya, Ketua TP.PKK Kab. Dharmasraya, Ketua Dharmawanita Persatuan Kab. Dharmasraya, Wali Nagari Se- Kab. Dharmasraya, Ketua KAN Se- Kab. Dharmasraya, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, dan Bundo Kanduang Nagari Siguntur.

Dalam sambutannya Bupati kabupaten Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE menyampaikan Launching Pelestarian Adat dan Pemajuan Kebudayaan ini, Senin 26 Desember 2022 juga sudah dipilih Nagari Koto Besar sebagai Nagari Percontohan adat dan pemajuan kebudayaan. Untuk itu mengajak secara bersama-sama terutama para ninik mamak dan para tokoh di masing- masing nagari dan Nagari Koto Besar dan Nagari Siguntur merupakan Nagari Percontohan agar Adat dan Budaya Minang tetap terjaga dan lestari.

Adapun tujuannya adalah untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, memperkaya keberagaman budaya, memperteguh jati diri bangsa, memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan citra bangsa, mewujudkan masyarakat madani, meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dilanjutkan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Dekan Kebudayaan Universitas Andalas dengan Wali Nagari Koto Besar sebagai Nagari Percontohan Pelestarian Adat dan Pemajuan Kebudayaan di Nagari Koto Besar.

Dalam kesempatan terpisah, Waka Polres Kompol Alwi Haskar,mengatakan Kami dari pihak kepolisian Kabupaten Dharmasraya tentu sangat mendukung sekali acara launching pelestarian adat dan pemajuan kebudayaan di Kabupaten Dharmasraya ini, dimana Dharmasaraya merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki sejarah kerajaan yang kental akan adat istiadatnya sampai saat sekarang ini. Tentunya kita sebagai masyarakat Dharmasraya harus menjaga kelestarian adat dan budaya tersebut. Untuk itu kita akan minta setiap Bhabinkhamtibmas yang tugas di seluruh nagari-nagari untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah seperti rumah gadang kerajaan berikut benda-benda yang bernilai sejarah kerajaan. mengatakan bahwa Nagari Koto Besar dan Nagari Sguntur terpilih sebagai Nagari percontohan dan merupakan salah satu bentuk inovasi pemerintah setempat untuk mendukung dan melestarikan budaya serta kearifan lokal masyarakat setempat.

Waka Polres juga menambahkan bahwa berharap agar Nagari percontohan adat bisa didirikan di semua wilayah Kabupaten Dharmasraya sehingga ini bisa menjadi keberhasilan kita bersama dalam menghadapi setiap permasalahan. Nagari percontohan ini, juga dapat mempererat hubungan Silaturahmi dan bekerjasama dengan baik antara pemangku adat, juga sebagai wujud Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman, Harmonis dan Kondusif diwilayah hukum Polres Dharmasraya,” Pungkas Kompol Alwi Haskar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.