Press "Enter" to skip to content

Police Goes to School, Satlantas Polres Dharmasraya beri edukasi keselamatan berlalu lintas dan cegah perundungan di lingkungan sekolah

Dharmasraya – Kegiatan Polri Go To School oleh Sat Lantas Polres Dharmasraya dipimpin oleh Ps. Kanit Kamsel Aipda Rio Satria, S.H dan anggota unit Kamsel Satlantas Polres Dharmasraya mengunjungi SMPN 3 Sitiung Kenagarian siguntur Kecamtan Sitiung Kabupaten Dharmasraya pada hari Jumat, (20/10/2023).

Police Goes to School merupakan sebuah program gagasan Polri untuk memberikan kegiatan pendidikan di sekolah oleh anggota Polri melalui metode sosialisasi, ceramah, seminar, dan metode lainnya. Di samping itu, Police Goes to School dilaksanakan sebagai upaya memupuk kedekatan dengan masyarakat khususnya para pelajar.

Pada kegiatan Police Goes to School itu, Ps. Kanit Kamsel Aipda Rio Satria, S.H bersama anggotanya memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMPNegeri 3 Sitiung tentang tata tertib berlalu lintas diantaranyadiantaranya, penggunaan knalpot standart, pengenalan rambu lalu lintas, menyebrang di zebra cross, diatas trotoar, berhenti ketika lampu merah dan mengimbau pelajar tidak kebut kebutan saat berkendara. serta menggunakan kendaraan yang lengkap dan standar sesuai dengan peraturan lalu lintas.

Pada sesi selanjutnya, para siswa diberikan pemahaman tentang pencegahan bullying. Tindakan bullying atau perundungan merupakan masalah serius yang sering dialami oleh pelajar. Dampaknya tidak hanya berupa trauma psikologis, tetapi juga berpotensi merusak kesehatan mental dan fisik korban.
Sebagai langkah pencegahan, Polres Dharmasraya melalui program Police Go To School memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang bahaya , bagaimana mengidentifikasi tanda-tanda terjadinya bullying, dan cara mengatasinya, serta cara melaporkan kasus bullying tersebut apabila terjadi disekitar mereka.

Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah melalui Kasat Lantas Iptu Andi Muhammad Nurfadli, S.Tr.K., S.I.K., M.Sc, menjelaskan program Police Goes To School ini bertujuan agar para pelajar yang duduk di bangku sekolah dapat disiplin, berlalu lintas yang baik dan benar sesuai UU Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ. Diharapkan dengan Police Goes To School ini dapat memberikan edukasi kesadaran bagi para siswa tentang disiplin berlalu lintas dan bisa menjadikan budaya tentang tertib lalu lintas diantaranya penggunaan helm standar, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, dan menanamkan kedisiplinan berlalu lintas bagi pelajar, serta mengenalkan ke pelajar akan tugas dan fungsi Polri di masyarakat.

Selanjutnya Kasat lantas menyampaikan stop bulying/perundungan di sekolah- sekolah. Bullying atau perundungan merupakan salah satu masalah serius yang terjadi di sekolah-sekolah, untuk mengatasi aksi perundungan tersebut diperlukan peran serta dan kerja sama semua pihak.
Mulai dari orang tua wali murid juga seluruh warga sekolah.

Kami Pihak Polres Dharmasraya akan terus memberikan edukasi dan pembinaan ke sekolah-sekolah, Agar para siswa mendapat pemahaman yang sama, dan tidak melakukan aksi perundungan terhadap siapapun dan dimanapun. Polres Dharmasraya ingin mengajak kita semua untuk bersama-sama mengatasi masalah ini,” Pungkas Kasatlantas.(Humas Polres Dharmasraya)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.