Press "Enter" to skip to content

Jumat Curhat Polres Dharmasraya, Ini Pesan Kapolres

Dharmasraya – Polres Dharmasraya menggelar program Jumat Curhat, kali ini diadakan Masjid Muhklisin Jorong Sungai Belit Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, jumat (22/9/ 2023), 13.00 WIB.

Program ini merupakan ajang silaturahmi dan komunikasi antara Polri dengan masyarakat.

Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, S. I.K dalam dialognya dengan warga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan program Jumat Curhat ini untuk menampung curhatan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kapolres memberikan pesan-pesan dan himbauan kamtibmas terkait tertib berlalu lintas, bahaya peredaran Narkoba, bijak bermedsos dan mewaspadai berita Hoak di media sosial.

Terkait peredaran Narkotika, Kapolres menghimbau agar masyarakat dan anak- anak kita tidak terjebak ke dalam penyalahgunaan narkotika, upaya pencegahan sejak dini dimulai dari keluarga. Karena keluarga merupakan wadah utama dalam proses tumbuh kembang anak menuju kepribadian yang dewasa. Keluarga adalah benteng utama yang dibutuhkan dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika.

“Sangat penting bagi kita bersama untuk membangun lingkungan yang anti narkotika dengan melibatkan seluruh elemen Masyarakat dan pemerintahan mulai ditingkat jorong sampai kenagarian,”
Katanya.

Kapolres juga mengajak tokoh masyarakat, ninik mamak dan seluruh jamaah yang hadir, untuk mempersempit ruang gerak para bandar atau pengedar narkoba dengan membentengi generasi muda untuk tidak terjerumus menjadi pemakai narkoba, Sehingga tidak bermunculan pengguna-pengguna baru barang haram tersebut, dan bagi para bandar narkoba kehilangan tempat untuk memasarkan barang haram tersebut.

Lanjut Kapolres, Untuk pencegahan dan penyalahgunaan narkoba yang efektif memerlukan peran aktif orang tua, tokoh Masyarakat, tokoh agama, kelompok remaja dan kelompok masyarakat lainnya.

Partisipasi dan kolaborasi oleh segenap lapisan masyarakat adalah strategi yang sangat diperlukan untuk merespon dan menjawab tantangan maraknya peredaran narkoba di wlikum Polres Dharmasraya.
Sebagai aparat penegak hukum, Polres Dharmasraya berkomitmen untuk terus berupaya menekan dan memberantas peredaran gelap narkotika. Namun demikian, kami sangat membutuhkan dukungan dari semua lapisan elemen masyarakat, ungkap Kapolres.

Kemudian hal lain yang perlu mendapatkan perhatian bersama adalah Kapolres beberapa himbauan masyarakat untuk selalu berkendara dengan hati-hati, taati semua peraturan lalu lintas. Beliau mengingatkan bahwa setiap kecelakaan selalu diawali dengan pelanggaran lalu lintas, untuk mencegah fatalitas kecelakaan lalu lintas, Kapolres mengingatkan untuk selalu menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, mendahului kendaraan lain beri aba- aba dengan lampu sen, dan mendahului tanpa mengetaui kondisi yang berlawanan arah.

Memasuki tahun politik, menjelang pemilu 2024 Kapolres mengajak untuk terus menjaga kerukunan antar warga masyarakat, jangan sampai ada perselisihan antara sesama akibat berbeda pandangan politik.

“Kita harus bijak dan waspada menyikapi peredaran berita hoaks/berita bohong yang pada umumnya tersebar melalui media sosial (medsos). Pastikan kita memverifikasi kebenaran berita yang kita terima, jangan menyebarluaskan konten-konten yang belum pasti kebenarannya. Mari kita bijak dan cerdas bermedia sosial,” imbaunya.

Orang nomor satu di Polres Dharmasraya ini mengatakan, saat ini maraknya terjadi kebakaran hutan, baik di sengaja maupun tidak sengaja, dalam hal ini, untuk dapat mencegah terjadinya karhutla di wilayah Nagari Gunung Selasih

“Kami mengajak semua pihak, terutama aparatur Nargari dan seluruh warga, untuk menjaga lingkungan dan menghindari tindakan membakar lahan. Dengan bersama-sama, kita dapat menjaga kelestarian alam dan mencegah bahaya kebakaran yang dapat merugikan kita semua.ā€¯tegasnya.

“Kami Mengharapkan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, cadiak pandai dan seluruh elemen masyarakat lainnya ikut peran serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Apabila ada hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas, segera laporkan ke Polsek terdekat atau juga dapat melalui Bhabinkamtibmas setempat,” imbau Kapolres.

Program kegiatan Jumat Curhat itu dihadiri Pejabat Utama Polres Dharmasrya
kapolsek Pulau Punjung, wali nagari Gunung Selasih, ninik mamak dan tokoh Masyarakat serta Jemaah.(*).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.