Press "Enter" to skip to content

Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Berperan Aktif dalam Mediasi Perselisihan Masyarakat melalui Problem Solving

Polres Dharmasraya – Peran Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat sangat penting.

Sesuai Tugas Pokok Bhabinkamtibmas Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/ negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan.

Polsek Pulau Punjung berhasil menggelar Problem Solving atau mediasi untuk menyelesaikan permasalahan perselisihan antara warga atas nama inisial GP (29 tahun) dan DK (17 Tahun) di rumah Edi Kepala Jorong Sungai Sangkir, Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, (10/09).

Dalam mediasi ini, Bripka Alman selaku Bhabinkamtibmas bertindak sebagai mediator yang adil dan netral.
“Sesuai arahan Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah kami memfasilitasi dialog antara pihak-pihak yang terlibat dalam perselisihan, mendengarkan masalah mereka, dan membantu mencari solusi yang dapat diterima oleh semua pihak.” Ucapnya

“Atas segala masukan yang diberikan oleh ninik mamak kedua belah pihak, Ketua Pemuda Nagari dan Bhabinkamtibmas, mereka kedua belah pihak, yang bertikai menyadari dan mengakui kesalahan mereka masing masing, sehingga mereka bersepakat untuk diselesaikan dengan secara kekeluargaan, dan tanpa ada paksaan dari pihak lain,” ujarnya.

Selain menyelesaikan masalah, mediasi ini juga bertujuan untuk menguatkan kerukunan di antara warga dan mengingatkan mereka akan pentingnya saling mendukung sebagai komunitas. Peran kepemimpinan lokal juga ditekankan untuk memelihara keharmonisan di wilayah hukum Polres Dharmasraya.

Sementara itu Gianda Putra Pihak yang bertikai mengungkapkan mediasi ini sangat membantu dan mencari solusi jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.
“Ya ini sangat membantu kita untuk bermufakat dan mencari jalan keluar permasalahan yang kami hadapi,”tuturnya.

Peran aktif Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung dalam mediasi permasalahan perselisihan masyarakat adalah contoh konkret dari bagaimana kepolisian lokal berperan dalam memelihara perdamaian dan kerukunan di wilayah hukum Polres Dharmasraya.

Dalam dunia yang sering kali penuh dengan ketegangan, tindakan seperti ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan harmonis bagi warga masyarakat.(humasresdharmasraya)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.